Nano
The word nano comes from the Greek word nanos, which means dwarf. In the modern world, nano becomes a scientific prefix that stands for 10-9 or 1 billionth, e.g., nanometer (nm). Nanotechnology or nanoscience itself is defined as a branch of science that studies nanometric-sized materials, including synthesis/fabrication, characterization, properties, and their use in various fields, both in the form of devices and functional materials. In detail, nanotechnology/ nanoscience must meet the following criteria:
- Nanotechnology involves research and development of nanometric-sized technologies, namely in the 1 nm to 100 nm range.
- Nanotechnology performs synthesis/fabrication and utilizes structures with new properties due to their size effects at the nanometer scale.
- Nanotechnology develops the ability to carry out control or manipulation at the atomic scale.
There are 2 Nano Study Programs in ITB:
ITB Nano Research Center
Video Profile
Contact Person: diki@itb.ac.id
Program Studi Magister Teknologi Nano ITB merupakan program studi multi disiplin yang didukung oleh para dosen dari berbagai displin keilmuan, seperti Fisika, Teknik Fisika, Kimia, Teknik Kimia, Biologi, Farmasi dan Teknik Material yang berada di bawah Sekolah Pascasarjana ITB dan memiliki affiliasi dengan Pusat Penelitian Nanosains dan Nanoteknologi ITB.
Program studi ini telah menerima mahasiswa baru lulusan sarjana dari berbagai disiplin keilmuan yang memiliki hubungan dengan pengembangan keilmuan nanosain dan nano teknologi sejak semester 1 2020-2021. Program studi ini bertujuan untuk membekali para peserta didik dengan penguasaan keilmuan dan kemampuan dalam riset dan peneraannya yang berhubungan dengan bidang-bidang teknologi nano yang sesuai dengan capaian pembelajaran (learning outcomes) level 8 pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Lulusan program Studi Magister Teknologi Nano dapat mengambil peran di masyarakat sebagai peneliti, pendidik/akademisi dan praktisi yang mampu mengembangkan dan menerapkan teknologi nano diberbagai bidang seperti bioteknologi, teknologi material, farmasi dan devais. Para mahasiswa harus mengambil sedikitnya 36 sks, yang terdiri dari matakuliah wajib dan pilihan yang disesuaikan dengan minat dan topik riset yang dijalankannya. Semua mahasiswa akan dilibatkan dalam penelitian para dosen dan akan dilakukan di Pusat Penelitin Nanosains dan Nanoteknologi ITB.
Kurikulum Program Studi Magister Teknologi Nano
Semester | Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | NT7001 | Metodologi Penelitian | 3 |
1 | NT70021 | Ujian Kualifikasi | 4 |
2 | NT7080 | Filsafat Sains | 2 |
2 | NT7091 | Penyusunan Proposal | 4 |
3 | NT8091 | Penelitian dan Seminar Kemajuan I | 2 |
3 | NT6006 | Tesis I | 3 |
4 | NT6007 | Tesis II | 5 |
Matakuliah PilihanStruktur Organisasi
No | Kode | Mata Kuliah | SKS | Rekomendasi Pengambilan Semester |
---|---|---|---|---|
1 | NT5006 | Sosio-ekonomi dan Teknologi Nano | 2 | 1 |
2 | NT5002 | Seminar Teknologi Nano | 2 | 2 |
3 | NT6094 | Teknik Penulisan Jurnal Ilmiah | 2 | 2 |
4 | NT5009 | Penelitian Terapan | 3 | 3 |
5 | NT5093 | Topik Khusus Teknologi Nano | 3 | 3 |
6 | NT6034 | Karakterisasi Material Lanjut | 3 | 3 |
7 | NT6091 | Rekayasa Nanofluida | 3 | 3 |
8 | NT5091 | Studi Mandiri Terpantau | 3 | 4 |
9 | NT6031 | Nanomaterial untuk Energi | 3 | 4 |
10 | NT6032 | Proses Nanomaterial Lanjut | 3 | 4 |
11 | NT6033 | Teknologi Nanodivais | 3 | 4 |
12 | NT6035 | Penghantaran Obat dan Sistem Biologi | 3 | 4 |
13 | NT6092 | Kapita Selekta Teknologi Nano | 3 | 4 |
Ketua Program Studi Magister dan Doktor Teknologi Nano : Dr. Eng Nugraha
Tujuan Pendidikan
- Memiliki pemahaman dan kompetensi yang baik pada salah satu atau lebih bidang teknologi nano.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuannya dari berbagai domain dan spesialisasi melalui cara yang kreatif, mengembangkannya, memperdalam serta mengintegrasikannya dalam suatu sistem fungsional.
- Mempunyai kesiapan akademis untuk melanjutkan studi ke jenjang program doktor di bidang nanosains dan teknologi nano.
- Mampu melakukan penelitian secara sistematis dan menilai secara kritis nilai saintifik dan relevansinya state-of-the-art, terkait dengan teknologi nano.
- Memiliki kompetensi dalam perancangan: kemampuan secara independen dalam mengambil keputusan terkait dengan perancangan dan mengevaluasinya dengan cara yang sistematik; mampu menggunakan dan mengkombinasikan berbagai disiplin ilmu terkait teknologi nano untuk memformulasi permasalahan penelitian baru berbasis pada masalah perancangan.
- Memiliki perilaku yang benar untuk beradaptasi secara terus-menerus pada masyarakat berbasis pengetahuan dan mempelajari teknologi baru.
- Mempunyai kapasitas sebagai syarat berkontribusi dalam bidang pengabdian masyarakat dalam bentuk inovasi-inovasi dan lain sebagainya.
Capaian (Outcomes) Lulusan Program Studi
- Memiliki kemampuan teoritis material nano dari aspek fisika, kimia, biologi.
- Memiliki pemahaman konseptual dan mendalam mengenai nanosains dan teknologi nano.
- Memiliki spesialiasi dalam bidang-bidang tertentu terkait dengan roadmap nanosains dan teknologi nano.
- Memiliki kemampuan menangani material berbasis teknologi nano dan memiliki pemahaman yang luas tentang keamanan material berbasis teknologi nano dan menyadari potensi bahaya limbah-limbah nanomaterial pada lingkungan.
- Memiliki kemampuan penggunaan alat-alat karakterisasi material.
- Memiliki kemampuan dalam mengolah data-data hasil penelitian serta melakukan interpretasinya.
- Memiliki kemampuan meneliti secara mandiri.
- Memiliki kemampuan menggali literatur dan memahaminya secara mandiri.
- Memiliki kemampuan untuk melaporkan dan mempresentasikan hasil penelitian secara profesional, baik secara lisan maupun tulisan.
- Memiliki kemampuan merencanakan dan melaksanakan kegiatan penelitian secara efektif dan logis.
- Memiliki kemampuan merefleksikan masalah secara etis dan ilmiah.
- Mampu mengembangkan rasa ingin tahu dan menghargai nilai ilmiah secara terbuka, akurat, akuntabel dan mampu membedakan antara pengetahuan dan pendapat.
- Mampu berkomunikasi dengan baik, jelas dan efektif secara lisan dan tertulis.
- Mampu bekerja sama dalam tim baik sebagai pemimpin maupun anggota tim.
- Memiliki etika dan moral yang baik serta berperilaku professional.
Program Studi Doktor Teknologi Nano ITB merupakan program studi multi disiplin yang merupakan kelanjutan dari Program Studi Magister Teknologi Nano. Program studi ini berada di bawah naungan Sekolah Pascasarjana ITB dan memiliki affiliasi dengan Pusat Penelitin Nanosains dan Nanoteknologi ITB.
Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan sumberdaya manusia dengan penguasaan keilmuan dan kemampuan dalam riset di bidang nanosain dan nano teknologi. Program studi ini didukung oleh para promotor yang merupakan para professor ITB yang berasal berbagai displin keilmuan seperti Fisika, Teknik Fisika, Kimia, Teknik Kimia, Biologi, Farmasi dan Teknik Material yang memiliki reputasi sebagai peneliti dan pendidik di tingkat nasional maupun internasional.
Semua mahasiswa akan dilibatkan dalam penelitian para dosen dan akan dilakukan di Pusat Penelitin Nanosains dan Nanoteknologi ITB dan memiliki kewajiban mempublikasikan hasil risetnya di jurnal internasional bereputasi untuk dapat dipromosikan sebagai doktor dalam bidang nanosain dan nanoteknologi.
Kurikulum Program Studi Doktor Teknologi Nano
Semester | Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | NT7001 | Metodologi Penelitian | 3 |
1 | NT7002 | Ujian Kualifikasi | 4 |
2 | NT7080 | Filsafat Sains | 2 |
2 | NT7091 | Penyusunan Proposal | 4 |
3 | NT8091 | Penelitian dan Seminar Kemajuan I | 5 |
4 | NT8092 | Penelitian dan Seminar Kemajuan II | 5 |
5 | NT9091 | Penelitian dan Seminar Kemajuan III | 5 |
6 | NT9092 | Penelitian dan Seminar Kemajuan IV | 5 |
6 | NT9094 | Sidang Doktor | 3 |
Matakuliah Pilihan
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | NT7093 | Studi Khusus I | 3 |
2 | NT8093 | Studi Khusus II | 3 |
3 | NT8094 | Kemajuan Teknologi Nano | 3 |
4 | NT8098 | Teknik Penulisan Jurnal Internasional | 3 |
5 | NT9098 | Studi Mandiri Lanjut | 3 |
Ketua Program Studi Magister dan Doktor Teknologi Nano : Dr. Eng Nugraha
Tujuan Pendidikan Program Studi
- Mampu merancang dan melakukan kegiatan penelitian inovatif lintas disiplin ilmu dan terintegrasi di bidang teknologi nano, fokus pada bidang tertentu.
- Mampu merancang penelitian di bidang teknologi nano yang berpotensi paten.
- Mampu melakukan penelitian secara sistematis dan menilai secara kritis nilai saintifik dan relevansinya state-of-the-art, terkait dengan teknologi nano.
- Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian noveltinya dalam komunitas akademik dalam bentuk tulisan ilmiah, konferensi dan pertemuan ilmiah lain bertaraf internasional serta berpotensi untuk diaplikasikan di industri.
- Memiliki perilaku yang benar untuk beradaptasi secara terus-menerus pada masyarakat berbasis pengetahuan dan mempelajari teknologi baru.
- Mempunyai kapasitas sebagai syarat berkontribusi dalam bidang pengabdian masyarakat dalam bentuk inovasi-inovasi dan lain sebagainya.
Capaian (Outcomes) Lulusan Program Studi
- Memiliki kemampuan teoritis material nano dari aspek fisika, kimia, biologi.
- Memiliki pemahaman konseptual dan mendalam mengenai nanosains dan teknologi nano.
- Memiliki spesialiasi dalam bidang-bidang tertentu terkait dengan roadmap nanosains dan teknologi nano.
- Memiliki kemampuan menangani material berbasis teknologi nano dan memiliki pemahaman yang luas tentang keamanan material berbasis teknologi nano dan menyadari potensi bahaya limbah-limbah nanomaterial pada lingkungan.
- Memiliki kemampuan penggunaan instrumentasi/ alat-alat karakterisasi material.
- Memiliki kemampuan dalam mengolah data-data hasil penelitian serta melakukan interpretasinya.
- Memiliki kemampuan meneliti secara mandiri.
- Memiliki kemampuan menggali literatur dan memahaminya secara mandiri.
- Memiliki kemampuan untuk melaporkan dan mempresentasikan hasil penelitian secara profesional, baik secara lisan maupun tulisan.
- Memiliki kemampuan merencanakan dan melaksanakan kegiatan penelitian secara efektif dan logis.
- Memiliki kemampuan merefleksikan masalah secara etis dan ilmiah.
- Mampu mengembangkan rasa ingin tahu dan menghargai nilai ilmiah secara terbuka, akurat, akuntabel dan mampu membedakan antara pengetahuan dan pendapat.
- Mampu berkomunikasi dengan baik, jelas dan efektif secara lisan dan tertulis.
- Mampu bekerja sama dalam tim baik sebagai pemimpin maupun anggota tim.
- Memiliki etika dan moral yang baik serta berperilaku professional.